vascript'/>
"..Amazing Grace..": Kut'rima Janji Allah dari Kaum Yehuda

Friday, July 13, 2018

All About Danau Toba: 1. "Milik" 7 Kabupaten

Danau Toba. Danau yang disebut sebagai danau terluas di dunia. Menyebut nama danau ini (saat ini), mungkin kita langsung teringat dengan Tragedi KM Sinar Bangun 18 Juni yang lalu.

Tapi...Lupakan dulu sementara ini. Sembari terus berdoa agar keluarga semakin tabah dan ikhlas.

Sebagai par Samosir, daku tertarik mengulas tuntas (sedaya mampu lah cess) segala sesuatu tentang Danau Toba, WALAUPUN saya tau sudah banyak orang mungkin yang menguraikan banyak hal tentang Danau Toba. Tapi tidak mengapa, pemirsa anggap saja ini sebagai "menu tambahan" dalam dunia penginfo-infoan, hehe.

Itulah sebabnya saya buat judul tulisan ini All About Danau Toba yang akan ber-seri mulai dari 1, 2, 3 dan sebanyak mana nanti topik yang akan saya munculkan. All About Danau Toba akan mengulas secara ringkas tentang pembagian wilayah adm Danau Toba, Kedalaman Danau Toba, "Isi" Danau Toba Kini, Ragam potensi wisata/objek wisata, bahkan mungkin sampai mitos.

Baiklah pemirsa, kita mulai dari Numero Uno. Saya pilih pembagian Wilayah Administrasi Danau Toba.

Danau Toba merupakan "milik" dari 7 (tujuh) Kabupaten yang ada disekitaran Danau Toba. Ke-7 Kabupaten ini sering disebut sebagai Kawasan Danau Toba. Sehari-hari para Bupatinya sering disebut Bupati Kawasan Danau Toba. Kabupaten mana saja?

1. Kabupaten Tapanuli Utara
Wilayah Kabupaten Tapanuli Utara yang termasuk bagian Danau Toba dan gampang untuk diingat oleh Pemirsa adalah Muara. Karena tempat ini adalah salah satu objek wisata dan pernah menjadi Tuan Rumah Festival Danau Toba (FDT) yang dulunya kita kenal dengan sebutan Pesat Danau Toba.

2. Kabupaten Simalungun
Wah.. kembali lagi KM Sinar Bangun. Ya salah satu daerah Simalungun yang termasuk Danau Toba adalah daerah Tigaras. Tapi yang paling dikenal umum mungkin adalah kawasan kota wisata Prapat yang merupakan pusat kawasan wisata di Kabupaten Samalungun bahkan mungkin Danau Toba.


3. Kabupaten Dairi
Lagi-lagi agar langsung mudah conect ke pemirsa, "terpaksa" saya hubungkan dengan wisata. Danau Toba yang masuk wilayah Dairi adalah Tao Silalahi. Danao Toba di sekitaran SIlalahi inilah yang disebut-sebut sebagai bagian terluas sekaligus terdalam di Danau Toba. Di Tao Silalahi ini jugalah kawasan danau toba yang rawan angin dan ombak besar.

4. Kabupaten Karo.
Tongging. Pasti pemirsa pernah dengar Tongging atau Air Terjun Sipiso-piso yang juga ikon pariwisata Sumatera Utara. Atau mungkin Taman Simalem Resort yang "megah" itu. Yap, bagian Danau Toba yang masuk wilayah Kabupaten Karo adalah Tongging sekitarnya.

5. Kabupaten Toba Samosir
Bagian danau toba yang termasuk Kabupaten Toba Samosir terbentang mulai dari Ajibata sampai ke Balige Sekitarnya. Dermaga Fery penyeberangan dari Pulau Sumatera ke Pulau Samosir ada di Ajibata. Kemudian objek wisata Tobasa yang lagi "hits" adalah Pantai Lumban Bulbul Balige, dengan ikon pasir putih Danau Toba.

6. Kabupaten Humbang Hasundutan
Bagian Danau Toba yang masuk wilayah administrasi Kabupaten Humbang Hasundutan adalah pantai kota kelahiran Pahlawan Batak Raja Sisingamangaraja XII yaitu Bakara. Bakara itu berada di pinggiran Danau Toba dan juga merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Humbang Hasundutan.

7. Kabupaten Samosir.
Mungkin permisara sudah tau bahwa Pulau Samosir itu dikelilingi Danau Toba. Kabupaten Samosir sendiri terdiri dari 9 (Sembilan) kecamatan yang terdiri dari 6 kecamatan di dalam Pulau Samosir dan 3 Kecamatan di luar pulau Samosir alias di Pula Sumatera. Tetapi baik yang di dalam maupun di luar Pulau Samosir ke-9 kecamatan itu bersentuhan langsung dengan Danau Toba.

Sekian pemirsa, daku uraikan secara ringkas tentang pembagian wilayah Danau Toba yang termasuk padda 7 Kabupaten.

HORAS
#AG

Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)