vascript'/>
2018, The Year of Amazing Grace..

Tuesday, July 17, 2018

2018 tersulit tentukan pemain terbaik?

Perhelatan sepakbola terakbar di muka bumi telah usia Senin dini hari lalu. Prancis sebagai juara untuk kedua kalinya dengan Kroasia membuat sejarah sebagai runner up untuk pertama kali sepanjang sejarah. Urutan ketiga sendiri direbut oleh Belgia setelah menaklukkan Inggris dengan skor 2:0 sehari sebelum partai final digelar.

Dalam kaitan dengan penentuan pemain terbaik tahun 2018, rekam jejak pemain pilihan di piala dunia 2018 tentu menjadi salah satu faktor utama. Masalahnya adalah bahwa Piala Dunia 2018 menghasilkan banyak pemain yang dianggap memiliki nilai "imbang" setelah saling unjuk kekuatan di lapangan bersama Timnas masing-masing. Itu artinya tidak ada satu atau dua yang dianggap jauh mennjol atau dominan dibanding pemain lainnya.

Sementara dominasi duet "mahluk dari planet asing" alias Messi dan Ronaldo dianggap akan berhenti (setidaknya tahun 2018). Hal ini mengingat prestasi keduanya di Piala Dunia 2018 tidak memberi kontribusi apa-apa sebagai salah satu penilaian untuk pemain terbaik. Meski keduanya sama-sama terhempas di babak 8 (delapan) mungkin Ronaldo memiliki catatan sedikit lebih banyak dari sisi jumlah gol yangdiciptakan. Tetapi hal ini tidak terlalu berpengaruh. Dalam piala dunia, pencapaian 8 besar bukanlah sebuah prestasi, kecuali Indonesia sebagai pelakunya, hehe

Dengan demikian, prediksi saya tahun 2018 akan menjadi salah satu masa tersulit dalam dunia sepakbola untuk menentukan pemain terbaik tahunan yang diselenggarakan oleh FIFA. Selain Ronaldo dan Messi, muncul nama-nama yang layak diperhitungkan antara lain Luka Modric (yang merupakan pemain terbaik Piala Dunia 2018). Kemudian Harry Kane yang merupakan top scorer Piala Dunia 2018. Selanjutnya Antoni Grizman, tukang gedor sang juara Prancis. Ada pula lagi nama pemain Belgia Aden Hazard. Dan 1 (satu) lagi yang tidak bisa begitu saja dikesampingkan yaitu "bocah" asal  Prancis Mbape sang peraih pemain muda terbaik piala dunia 2018. Bagaimana dengan Paul Pogba? Juga berpeluang.

Jangan lupa, dari kalangan penjaga gawang juga muncul nama-nama yang patut diperhitungkan yaitu Thibaut Courtois yang meraih titel sebagai kiper terbaik piala dunia 2018.

Namun demikian Piala Dunia bukan satu-satunya penentu. Dalam waktu dekat liga-liga utama negara Eropa akan segera bergulir setelah rehat piala dunia. Sepak terjang para pemain yang saya sebutkan diatas tentu akan dipantau oleh para pemilih nantinya. Semoga ada pemain yang memulai musim dengan gemilang.

So, apakah Pemain terbaik dunia 2018 masih "dihantui" oleh duo alien (Messi-Ronaldo) atau akan muncul juara baru? Kita tunggu saja.

#AG

Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)