vascript'/>
2018, The Year of Amazing Grace..

Wednesday, July 04, 2018

8 Besar yang agak Timpang

Fase 16 (enam belas) Piala Dunia 2018 telah tuntas. Artinya perjalanan berikutnya menyisakan 8 negara peserta. Ke-8 negara dimaksud adalah Uruguay-Kroasia-Rusia-Prancis-Brasil-Belgia-Swedia-Inggris.

Bila tidak berlebihan menggunakan istilan blok, ke-8 tim ini terbagi dua pada 2 (dua) blok masing-masing 4 negara. Setiap blok  akan menuntaskan peperangan hingga masing-masing menyisakan 1 tim untuk bertarung di final memperebutkan juara Piala Dunia 2018.

Berdasarkan info resmi yang dimuat dalam portal resmi FIFA, berikut bagan yang menunjukkan alur pertarungan 8 besar hingga menuju final 2018:


Blok pertama diisi oleh Brazil-Belgia-Prancis-Uruguay sedangkan blok sebelah dihuni oleh negera Rusia-Kroasia-Swedia-Inggris. Inilah yang saya maksud agak timpang. Blok pertama dihuni oleh tim yang secara umum dikenal kuat sedangkan blok sebelah secara umum bukan tim-tim yang memiliki rekam jejak kuat dalam sepakbola.

Bila mencoba mebaca peta bagan ini, Rusia sebagai tuan rumah nampaknya tidak mustahil melenggang menuju Final. Di 8 besar Rusia akan mengahdapi Kroasia sebelum di semi final akan menghempaskan antara Swedia atau Inggris. Atmosfir "rumah sendiri" tentu akan menjadi pemain ke-12 bagi Rusia. Tetapi 3 tim lainnya juga tentu berpeluang menuju final.

Memang 8 besar bukanlah hasil undian, melainkan hasil "pertempuran" sejak babak penyisihan grup dan partai 16 besar. Namun demikian, blok Rusia-Kroasia-Inggris-Swedia dapat disebut beruntung.

Prediksi saya, siapa pun dari Blok Rusia cs yang menuju final, Brasil sudah siap menanti dan "memangsa".

Salam Olahraga

Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)