vascript'/>

Monday, September 03, 2018

Kabar GEMBIRA, KMP IHAM BATAK sudah diluncurkan

Pemirsa, khususnya anak warga kawasan Danau Toba dan para anak rantaunya; ada kabar baru nan gembira bagi kita. Bahwa dua hari yang lalu, persisnya pada tanggal 1 September 2018 bahwa sebuah armada baru berjenis kapal laut telah diluncurkan secara resmi oleh pemerintah melalui Direktur Jendral Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. 

Nama armada baru ini adalah KMP IHAN BATAK yang diluncurkan di Pantai Parparean kemarin. Dari sisi namanya, sepertinya pemerintahh benar-benar menghargai kekayaan budaya lokal masyarakat khususnya yang ada di Kawasan Danau Toba. Ihan sendiri adalah salah satu jenis ikan batak yang dianggap sebagai salah satu yang istimewa.

Acara peluncuran ini sendiri dihadiri oleh para Pimpinan Daerah Kawasan Danau Toba antara lain Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga. Turut juga dihadiri oleh Kepala Badan Otorita Danau Toba (BODT) Arie Prasetio dan Direktur PT Doc Bhari Nusantara, Sophan Sofyan yang juga sebagai pihak yang mengerjakan pembuatan kapal.

BACA JUGA:Terungkap, ini penyebab ikan mati di Danau Toba

KMP Ihan Batak ini sendiri direncanakan akan resmi beroperasi melayani rute Ajibata (Tobasa) ke Ambarita (Samosir) terhitung mulai Bulan Oktober 2018. KM Ro-Ro yang diberi nama "Ihan Batak " ini kabarnya memilik tonase sebesar 300 Ton GW dan dianggap sangat safety untuk dipergunakan dalam pelayaran di Danau Toba.

Sebagai warga kawasan Danau Toba, khususnya Tobasa dan Samosir, tentu kita bersyukur atas penunaian janji dari Presiden Jokowi, karena pembuatan kapal ini merupakan tindak lanjut dari Presiden yang menjanjikan penyediaan kapal penyeberangan di Danau Toba. Hal ini juga tentu berkaitan dengan ditetapkannya Danau Toba menjadi salah satu dari 10 destinasi utama pariwisata Indonesia.

Terima kasih Presiden RI

Salam
#AG

Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)