vascript'/>
2018, The Year of Amazing Grace..

Thursday, June 07, 2018

4 Objek Wisata Baru Favorit di Samosir

Tidak lebih dari 3 (tiga) hari lagi, liburan panjang pra dan pasca Lebaran Tahun 2018 akan tiba. Bagi temans yang berencana kembali datang atau pertama sekali ke Samosir "Negeri Indah Kepingan Sorga", saya bantu informasi 4 (empat) objek wisata baru dan langsung menjadi faforit di sekitaran Pulau Samosir dan Danau Toba. Berikut info ringkasnya:

1.  Bukit Holbung/Sipege.
Bukit ini berada di Desa Hariara Pohan, Kecamatan Harian. Bukit yang baru digandrungi sejak setahun lalu (2017) ini menawarkan 2 hal untuk memanjakan wisatawan yaitu Panorama Danau Toba dari atas bukit yang cukup tinggi. Kedua adalah punggung bukit yang sangat cocok sebagai tempat camping anak-anak muda.

Akses ke Bukit Holbung ada dua, pertama jalur darat dari Simpang Kecamatan Harian (Jl. Tele) menyusuri pinggiran Danau Toba sekitar 3 km. Kedua akses penyeberangan dari Dermaga Pintu Batu Desa Rianiate Kecamatan Pangururan.

2. Pantai Tanda Rabun.
Pantai ini baru diresmikan pada tanggal 27 Desember 2017 yang lalu alias setahun. Peresmian dilakukan oleh Bupati Samosir bersama Bapak Djarot Saiful Hidayat yang ketepatan berkunjung ke Samosir. 

Pantai yang berlokasi di Desa Dosroha Kecamatan Simanindo ini langsung tancap gas menjadi lokasi favorit bagi pelaksanaan even-event besar. Pada April 2018 yang lalu Pemuda GPI memilih melakukan event akbar bersakala nasional yaitu Jambore Nasional Pemuda GPI di Pantai Tanda Rabun. Demikian juga event budaya, fesitaval dan berbagai kegiatan lainnya baik oleh Pemda maupun swasta telah dan akan dilakukan di Pantai Tanda Rabun.

Sebagai objek wisata pantai, Tanda Rabun menawarkan pantai pasir putih yang indah, air Danau Toba yang segar dan bersih serta ala-alat hiburan wisata pantai lainnya.

3. Pantai Indah Sipinggan.
Lokasinya di Sibandol, Desa Sipinggan Kecamatan Nainggolan. Pantai ini dapat dikatakan sebagai satu-satunya wisata pantai di sekitaran Kecamatan Palipi-Nainggolan-Onanrunggu yang tidak "kalah" dengan pantai-pantai di Kecamatan Pangururan dan Simanindo. Kalau tidak salah Pantai Indah Sipinggan (PIS) ini baru dibuka akhir tahun 2017 dan menjadi idola baru di awal tahun 2018.

Fasilitas wisata yang bisa dinikmati di PIS kurang lebih sama dengan pantai pasir putih lainnya, tetapi di PIS ini terdapat lapangan bola volley pantai. PIS ini hanya berjarak kurang lebih 100 meter dari jalan Lingkar Samosir.

4. Kompleks Geopark Kaldera Toba Sigulatti.
Kalau sebelumnya ada objek wisata pinggiran Danau Toba, sekarang kita menuju "kaki" Gunung Pusuk Puhit yaitu Komplek Geopark Kaldera Toba Sigulatti Kecamatan Sianjur Mulamula.

Dalam beberapa tahun terakhir, komplek Geopark Kaldera Toba Sigulatti cukup ramai dikunjungi wisatawan serta menjadi lokasi perhelatan event-event besar Pemkab Samosir, Regional bahkan Nasional. Event nasional terbaru di kompleks ini adalah Paskah Nasional 2018 sebagi lokasi pembukaan.

Selain itu beberapa tamu dari pemerintah pusat dan Provinsi selalu melakukan penanaman pohon di tempat ini mulai dari Wakil Gubernur Sumut, Rombongan Ibu Kapolri dan terbaru rombongan Ibu Iriana Jokowi.

Selain kompleks geopark itu sendiri, kita bisa menikmati angin segar, panorama Sianjur Mumula-mula yang diklaim sebagai asal-usul Bangso Batak serta view Danau Toba.

Ocelah.. Demikian 4 objek wisata favorit baru yang langsung jadi favorit di Sekataran Samosir. Selamat menikmati.

HORAS....

Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)