Mission Started. Misi telah dimulai. Kiranya Tuhan Memberkati..

Sunday, August 18, 2013

Telat beribadah, Anda kehilangan ini:

Mazmur 22:23

Aku akan memasyurkan nama-Mu  kepada saudara-saudaraku dan memuji-muji Engkau di tengah-tengah jemaah:


Pemirsa, dua tiga orang jemaat memberitahu saya bahwa alasan mereka sering terlambat adalah karena merasa bahwa yang terpenting dalam sebuah ibadah adalah Khotbah,
sedangkan pujian-pujian di awal ibadah bagi mereka hanyalah pemanasan saja sebelum sampai kepada inti ibadah yaitu mendengar Firman Tuhan atau Khotbah.  Benarkah dalil mereka ini?


Sebenarnya bagian mana sih yang paling penting dalam sebuah konstruksi ibadah?  Apakah Khotbah/Firman Tuhan, atau doa-doa atau pujian penyembahan kepada Tuhan?  Bagi saya, tiga-tiganya 100% penting dan ketiganya merupakan inti daripada sebuah ibadah.  Idealnya dalam setiap ibadah kita mendapatkan ketiganya.  Kita ikut dan merasakan hadirat Tuhan dalam puji-pujian.  Kita juga menyembah Tuhan dan menyampaikan permohonan dalam Doa, dan melalui khotbah kita diajar memahami dan mengamini Firman Tuhan.

Bila anda adalah tukang telat, maka anda telah kehilangan salah satu elemen penting dari sebuah ibadah, terutama pujian penyembahan yang biasnaya dimulai di awal-awal ibadah. Bila ditelisik lagi, bukankah ibadah itu adalah waktunya memuji dan menyembah serta mengucap syukur kepada Tuhan.  Kalau bukan dalam pujian diwadah mana lagi kita punya kesempatan untuk memuji Tuhan?

Lagi pula di awal-awal ibadahlah biasanya kita berksempatan menyanyikan lagu-
lagu pujian yang bermaterikan semi vertikal. Dalam istilah saya semi vertikal yaitu lagu-lagu yang selain arahnya ke atas kepada Tuhan, tetapi juga menyinggung kebersamaan jemaat sebagai satu kesatuan dalam persekutuan. Misalnya:  Hari ini kurasa bahagia, atau Kukasihi kau dengan kasih Tuhan.  Lagu-lagu semacam ini memberi celah kepada kita untuk saling berinteraksi dengan sesama jemaat sambil memuji Tuhan.

Malulah jadi Tukang Telat.  Tetapi mari komit tidak lagi telat datang beribadah.  Selamat beribadah, hindarkanlah kebiasaan terlambat, ikuti rangkaian ibadah seutuhnya dan dapatkan berkat yang UTUH dari Tuhan.

Tuhan Memberkati.

Haleluya....


No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)