vascript'/>
2018, The Year of Amazing Grace..

Tuesday, January 23, 2018

Sejarah, PPRL dideklarasikan

Sabtu, 20 Januari 2017 bertempat di Royal Room Hotel Danau Toba (sebagaimana dimuat koran SIB) 7 (tujuh) marga yang merupakan keturunan (anak) si raja Lontung melakukan deklarasi pembentukan Parsadaan Pomparan Raja Lontung (PPRL).

Ketujuh marga dimaksud adalah Sinaga, Situmorang, Pandiangan, Nainggolan, Simatupang, Aritonang dan Siregar. Turut hadir juga perwakilan 2 (dua) boru Si Raja Lontung yakni Sihombing dan Simamora.

Menurut Mangihut Sinaga, SH, MH (Kajati Sulawesi Utara) yang dalam diklarasi didaulat sebagai ketua, Si Raja Lontung hidup sekitar 600 (enam ratus) tahun lalu dan saat ini telah memiliki keturuan tidak kurang dari jutaan jiwa yang tersebar di seluruh dunia.

PAda kesepmatan itu, diadakan pendandatanganan prasasti PPRL oleh para pemrakarsa. Turut menandatangani atas nama keturunan Raja Lontung yaitu sebagai pemrakarsa Mgr. Dr. A.B. Sinaga.OFM.Cap, Dr. RE.Nainggolan,MM., CP. Nainggolan, SE, MAP., Dr. Januari Siregar, SH, MHum., Syamsul Sianturi, SH., JR. Sinaga (Naga Hall). Para Pimpinan Organisasi Marga Keturunan Raja Lontung yaitu Ketua Umum PPTSB Sedunia Mangihut Sinaga SH, MH., Ketua Umum DPP-PSSAB Indonesia Ir. JB. Siringoringo, Ketua Umum PT PBBI Ir JMT Pandiangan, SE MM, Ketua Umum DPP KBN Indonesia, Mewakili Toga Simatupang J. Sontang Simatupang,SH,MH., Mewakili Toga Aritonang, Ketua Umum Patogar Dr Januari Siregar SH,MHum, Mewakili Toga Simamora Drs Harris H Simamora dan Mewakili Toga Sihombing St Mahasa Sihombing.

Mgr.Dr A.B. Sinaga.OFM.Cap yang hadir dan turut mennandatangani prasasti menekankan bahwa tindak lanjut dari deklarasi ini, PPRL akan melakukan upaya nyata dalam menghargai nenek moyang kita si Raja Lontung antara lain: Pemugaran inganan parpangiran Siboru Pareme di Banua Raja, Ulu Darat, Kec Sitiotio. Demudian sebagai anak sulung dari Tateabulan, PPRL berperan dalam pelestarian Pusuk Buhit sebagai bona pasogit. Selanjutnya PPRL harus turut menjaga tano Batak dalam rangka mendukung otorita danau Toba.

Semoga parsadaan ini menjadi sebuah kekuatan yang dapat memberikan sumbangsih dan kontribusi pada pembangunan bangsa dan negara khususnya di Bona Pasogit.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)