vascript'/>
"..Amazing Grace..": Kut'rima Janji Allah dari Kaum Yehuda

Wednesday, March 06, 2024

Pasang "ANTI GORES" hatimu sekarang

Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. (Amsal 4:23)

Pemirsa, hari-hari ini orang-orang pada umumnya gampang marah, tersinggung, membenci, berselisih, mencaci dan berbagai tindakan lainnya karena tidak bisa menjaga hati. Hal-hal ini terjadi di hampir seluruh lalu lintas kehidupan, baik di lingkup kerja, kantor, lingkungan masyarakat, tempat pendidikan, dunia usaha, pemerintahan bahkan mungkin di dunia lembaga kerohanian.

Sehingga kalau kita lihat, pertengkaran, perselisihan, perceraian bahkan kekerasan fisik seperti perkelahian dan pembunuhan seperti sudah hal biasa di tengah-tengah masyarakat. 
Rasanya kondisi hati orang-orang saat ini seperti kaca tipis yang kebentur sedikit saja langsung pecah.
Nah, sebagai anak-anak Tuhan kita harus berupaya tidak menjadi sama seperti orang-orang pada umumnya. Karena itu di hati kita, perlu kita tempelkan semacam anti gores. Supaya seperti handphone yang memiliki anti gores, saat jatuh atau kebentur tidak langsung menyebabkan kerusakan fatal.

Apa anti gores yang peru kita pasang? Damai sejahtera dan sukacita sejati yang dari Tuhan, itulah anti gores terkuat yang bisa melindungi hati kita dari gangguan dan benturan apa pun. Damai sejahtera dan sukacita itu menghasilkan ketenangan, kesabaran bahkan hikmat agar hati kita tetap terjaga.

Biasakanlah berdoa setiap hari, banyak memuji menyembah Tuhan dalam nyanyian dan bekali hati kita dengan membaca Firman Tuhan. Belajarlah bersikap tenang, jangan mudah panik, dan seimbangkan antara logika dan perasaan, jangan mudah percaya dan merespon sebuah hoax tetapi periksa kebenaran suatu berita. Jangan langsung heboh dan ribut. Istilah orang Batak, jolo nidilat bibir asa nidok hata "jilat lidah dulu sebelum bicara".

Selamat menjaga hati, jalani hari-hari dalam sukacita. Pasang anti gores di hatimu, agar jangan dikit-dikit retak, bentur sedikit langsung pecah. 

Salam
#AG

Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)