vascript'/>
"..Amazing Grace..": Kut'rima Janji Allah dari Kaum Yehuda

Wednesday, June 14, 2023

"Bebaskan" Open Stage dari Kekumuhan, Camat Pangururan upayakan Penataan dan Pemanfaatan

Rapat di Open Stage, 13 Juni 2023
Dalam rangka merespon dan menyambut program Pemerintah yang menjadikan Kawasan Danau Toba sebagai KSPN, dimana Pangururan merupakan salah satu Key Tourism Area (Kawasan Inti Pariwisata) di Kabupaten Samosir, Camat Pangururan terus melakukan upaya pembenahan Kota Pangururan terutama dari sisi kebersihan dan penataan pemukiman.  Hal ini bertujuan agar Pangururan benar-benar menjadi kota yang nyaman, bersih dan layak dikunjungi oleh wisatawan.

Salah satu objek pembenahan yang sedang dilakukan oleh Camat Pangururan saat ini adalah Kompleks Open Stage Pangururan yang selama ini terlihat kumuh, tidak terurus dengan adanya kendaraan yang parkir sembarangan, adanya material-material warga tanpa ijin, banyaknya sampah yang berserakan bahkan kompleks ini diduga sering menjadi tempat melakukan perbuatan yang kurang patut.

Kondisi saat ini Open Stage
Dalam beberapa hari ini, Camat Pangururan bersama dengan Kelurahan Pasar Pangururuan dan Karang Taruna Pasar Pangururan fokus melakukan pembenahan seperti meminta alat berat kepada Dinas PUTR untuk meratakan lahan yang ada, pembersihan total sampah-sampah tak bertuan, pembersihan parit/saluran air yang selama ini tersumbat dan kedepan akan dilakukan penertiban bangunan-bangunan yang menjorok ke open stage bersama dengan Satpol PP Kabupaten Samosir.

Upaya Pengelolaan dan Pemanfaatan Open Stage ini sebetulnya sudah digagas dan dipersiapkan oleh Camat Pangururan sejak pertengahan Tahun 2022 yang lalu.  Keseriusan ini ditunjukkan oleh Camat Pangururan dengan melakukan perjanjian tertulis dengan Karang Taruna Kelurahan Pasar Pangururan dengan Objek Perjanjian antara lain:
1. Kebersihan Open Stage;
2. Pemanfaatan menjadi lahan parkir;
3. Pemanfaatan menjadi tempat kegiatan kuliner; dan
4. Pemanfaatan untuk menjadi lokasi kegiatan, acara adat dan event2.


Tentu saja perikatan perjanjian yang dilakukan oleh Camat Pangururan setelah sebelumnya dilakukan kordinasi/konsultasi dan rapat-rapat resmi dengan instansi terkair seperti Bidang Aset pada BPKPD Kab. Samosir, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Disbudpar termasuk sosialisasi kepada masyarakat setempat.

Teranyar, Camat Pangururan telah melakukan pertemuan dengan Lurah Pasar Pangururan, Ketua dan Anggota Karang Taruna Pasar yang dihadiri oleh Dinas Perhubungan, BPKPD Kab. Samosir, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pariwisata serta masyarakat di sekitar Opean Stage yang dilakukan pada tanggal 13 Juni 2023 bertempat di Sopo yang ada di kompleks Open Stage.

Goro dgn Tim Kecamatan, Lurah Pasar dan Karang Taruna
Sebagaimana dihaturkan Camat Pangururan, dengan adanya pertemuan dimaksud, diharapkan dalam waktu segera, pelaksanaan pemanfaatan Open Stage untuk ke-4 poin di atas akan segera dimulai, khususnya kepastian kebersihan dan pemanfaatannya sebagai lokasi parkir khusus di Kelurahan Pasar Pangururan yang secara teknis akan dilakukan oleh Karang Taruna Kelurahan Pasar Pangururan.

Beberapa gambar dan video proses pembenahan:

Dukungan Alat Berat dari Dinas PUTR






Demikian saya bagikan.

Salam
#AG

Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)