vascript'/>
"..Amazing Grace..": Kut'rima Janji Allah dari Kaum Yehuda

Tuesday, May 15, 2018

Mars Samosir perlu disempurnakan?

Dalam perjalanan dari rumah ke kantor pagi ini bersama si "Verza 2901", saya sambil melantunkan lagu mars Samosir yang berjudul Samosir Membangun. Lagi ini adalah ciptaan Alm Maestro Batak: Bonar Gultom yang sangat kesohor itu.

Di LIngkungan Pemkab. Samosir, kami patut bersyukur karena Bapak Bupati telah menegaskan agar sebisa mungkin lagu Mars Samosir selalu dikumandangkan dalam setiap kegiatan yang dilakukan di Kabupaten Samosir. Dalam apel gabungan setiap minggu misalnya, lagu ini telah menjadi "menu wajib" dalam beberapa tahun terakhir.

Ya, kembali ke laptop. Saat menikmati lirik-lirik lagu ini tadi pagi saya mencoba menelaah kata demi kata dan rasanya ada yang perlu disempurnakan, yaitu lirik "...Ya aku sangat cinta kau pulau Samosir, dan aku sangat sayang kau o Danau Toba...".

Mengapa begitu karena Kabupaten Samosir bukan hanya terdiri dari Pulau Samosir dan Danau Toba saja. Tetapi terdapat 3 kecamatan di Kabupaten Samosir yang justru berada di luar Pulau Samosir melainkan masuk ke daratan Pulau Sumatera yaitu Kecaman Sianjur Mulamula, Harian dan Sitiotio. Bahkan daratan 3 kecamatan ini malah lebih luas dari daratan Pulau Samosir, hehe.

Maka saran saya, lirik pulau Samosir disempurnakan menjadi "tanah Samosir" atau mungkin frasa lain yang lebih tepat (bila ada). Saya sendiri sejauh ini tidak tahu apakah lirik lagu mars resmi Pemerintah Daerah bisa diganti atau tidak. Tetapi kalau memungkinkan, tentu lebih baik.

Bagi temans yang belum tahu lirik Mars Samosir, berikut saya petik:

Samosir Kabupaten idolaku yang kucinta tempat aku dilahirkan bunda,

Tempatku berkenalan dengan hidup, dengan dunia dan tempatku k’lak menutup mata.

Tlah tiba kini saat yang tepat dan yang sempurna aku harus turut membangunnya
Kerahkan s’gala daya dan upaya agar maju, makin makmur dan makin sejahtera

Ya aku sangat cinta kau pulau Samosir, dan aku sangat sayang kau o Danau Toba.

Kuucap syukur pada Tuhan Maha Kuasa..
Tiada tempat dimanapn seindah kau (seindah kau)..

Samosir tempat asalku yang indah, serta kuat dan termashyur di seluruh dunia
Kan kubangun engkau makmur, serta aman dan sejahtera
Samosirku ku cinta kau..

Ya aku sangat cinta kau pulau Samosir, dan aku sangat sayang kau o Danau Toba

Kuucap syukur pada Tuhan Maha Kuasa...
Tiada tempat dimanapn seindah kau (seindah kau)..

Samosir tempat asalku yang indah, serta kuat dan termashyur di seluruh dunia
Kan kubangun engkau makmur, serta aman dan sejahtera
Samosirku ku cinta kau, kucinta kau benar, kusayang kau benar
Akan kubangun kau, Samosirku kucinta kau...

Horas...
#Samosir Negeri Indah Kepingan Sorga

Baca Juga

1 comment:

  1. Hell᧐ there! I know this is kind of off topic but
    I was wondering which blog platform are you using for this site?
    I'm getting sick and tired of Wordpresѕ because I've had proƄlems with һaⅽkers and I'm
    looking аt options for anothеr platform. I would be
    awesome if you could point me in the direction of a good platform.

    click to read more : How Not To Lock Files

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)