vascript'/>
"..Amazing Grace..": Kut'rima Janji Allah dari Kaum Yehuda

Friday, December 22, 2023

FK3S gelar Seminar Edukasi Penurunan Stunting

Forum Komunikasi Kristen dan Katholik Kabupaten Samosir menggelar seminar sehari dengan topik Edukasi Penurunan Stunting pada hari Kamis, 21 Desember 2023 bertempat di Aula Paroki St Mikael Pangururan.  Kegiatan ini merupakan bentuk perhatian dan dukungan dari FK3S kepada pemerintah khususnya Pemkab Samosir yang selalu gencar dan berupaya melaksanakan arahan pemerintah pusat untuk penurunan angka stunting, khususnya di Kabupaten Samosir.

Acara seminar dihadiri kurang lebih 100 (seratus) orang, yang terdiri dari pengurus FK3S dan tokoh-tokoh agama dan jemaat dari berbagai denominasi gereja yang ada di Kabupaten Samosir baik Kaum Bapak, Kaum Ibu dan Pemuda serta remaja.

Adapun pemateri pada seminar ini adalah dr Priska Situmorang, MM (Kepala Dinas P3APPKB Kabupaten Samosir) yang sekaligus Sekretariat Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Samosir dan Pdt M Rikky Siregar, S.Th.

Berdasarkan pemaparan dr Priska Situmorang, MM, dengan topik Edukasi penurunan stunting dan peran tokoh agama di Kabupaten Samosir setidaknya terdapat 3 layanan yang dapat dilakukan oleh tokoh agama yang dapat diintegrasikan dalam upaya penurunan stunting yakni:
- Bimbingan remaja usia sekolah, dengan cara kunjungan ke sekolah dan mengedukasi dampak dari pernikahan belum usia layak.
- Bimbingan perkawinan bagi calon pengantin, dilakukan di gereja kepada calon pengantin dan diharapkan dapat melibatkan petugas kesehatan agar calon pengantin memahami kesehatan reproduksi, serta pengetauan membangun rumah tangga dilandasi pengetahuan agama yang baik.
- Bimbingan keluarga, hal ini prioritas untuk keluarga usia pernikahan 1-10 tahun untuk mengedukasi keluarga membina keluarga, pengelolaan keuangan rumah tangga, tata cara komunikasi dalam rumah tangga, dan pentingnya membentuk generasi yang berkualitas.
 
Sedangkan Pdt Rikky Siregar, S.Th (yang merupakan Pendeta Resort GKPI) mengangkat dan memaparkan tokpik tentang Penurunan stunting dalam Keluarga Kristen dana Katholik menuju generasi sehat, kuat dan sejahtera.

Turut hadir juga dan memberikan sambutan/arahan Kakan Kemenag Kabupaten Samosir Tawar Tua Simbolon, M.PdK beserta rombongan/staf.


Salam
#AG

Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)