vascript'/>
"..Amazing Grace..": Kut'rima Janji Allah dari Kaum Yehuda

Monday, July 09, 2018

Samosir dianggap serius benahi Transportasi Danau Toba

Bupati langsung melakukan monitoring
Belajar dari pengalaman pahit dan penuh duka yang disebabkan tragedi Kapal Motor Sinar Bangun 18 Juni 2018 yag lalu, nampaknya Pemerintah Kabupaten Samosir merespon dengan sungguh-sungguh dan dengan gerak cepat melakukan pembenahan yang serius agar kejadian serupa tidak lagi terjadi di Danau Toba.

Dalam berbagai kesempatkan, Bupati Samosir menyatakan dan mengharapkan agar bencana ini menjadi kejadian terakhir di Danau Toba. Tidak boleh terulang lagi kejadian yang sama, tegas bapak Bupati dihadapan masyarakat dan juga keluarga korban.

BACA JUGA:Selagi sehat, jangan tabu bagi warisan

Seperti kita ketahui, bahwa duka mendalam menyelemuti Danau Toba Sekitarnya karena Kapal Motor Sinar Bangun rute Simanindo-Tigaras tenggelam dimana korban hilang dinyatakan mencapai kurang lebih 164 orang. Pencarian dan evakuasi telah dihentikan setelah melalui kajian yang dalam oleh pihak-pihak terkait termasuk kesepakatan dengan keluarga korban.

Menindaklanjuti komitmen pak Bupati, instansi terkait di Kabupaten Samosir kelihatannya langsung melakukan tindakan-tindakan cepat membenahi transportasi danau Toba baik tindakan teknis di lapangan maupun sosialisasi, monitoring dan penegasan kepada masyarakat khususnya pengusaha/pemilik sarana transportasi air di Danau Toba untuk melaksanakan kegiatan transportasi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Mulai dari peralatan dan kelengkapan kapal, administrasi, ijin berlayar dann lain sebagainya.

Selain itu Pemerintah juga mengajak masyarakat/pemakai jasa transportasi Danau Toba agar turut memberi perhatian dan memantau di lapangan. Masyarakat dapat melaporkan  melalui call center Pemkab. Samosir apabila melihat kapal motor maupun KMP yang melakukan perjalanan tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Gambar-gambar berikut dapat menggambarkan upaya serius dari Pemkab Samosir untuk membenahi transportasi Danau Toba:

Kunker FKPD Kab. Samosir dengan peserta pengusaha transportasi danau

FKPD

FKPD

Arahan Bupati Samosir kepada operator dan pengguna KMP

Bupati memasangkan Jaket/Pelampung kepada pengguna jasa transportasi danau

Monitoing lagi oleh Bupati Samosir

Bupati memastikan persyaratan dipenuhi

Monitoring oleh Camat Simanindo dkk

Camat Nainggolan memantau langsung ke pelabuhan Nainggolan


Petugas Dinas Perhubungan melakukan pengecekan

Terima kasih kepada Pemkab. Samosir

SaveTransportasi Danau Toba

HORAS

Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)