Mission Started. Misi telah dimulai. Kiranya Tuhan Memberkati..

Monday, June 15, 2015

Hindari "Kainisme" dan "Saulisme"

Kain dan Saul adalah dua "tokoh" Alkitab yang hidup di dua jaman yang berbeda.  Kain termasuk generasi pertama nenek moyang manusia yang hidup di awal peradaban manusia.  Sedang Saul sendiri muncul jauh setelah Kain.  Saul adalah raja pertama di Israel.


Tapi kedua orang dari dua generasi yang berbeda jauh ini kita ketahui terlibat dalam kasus yang sama yaitu:  Manusia yang dikuasai kecemburuan, bahkan kecemburuan kelas kakap.  Mengapa kelas kakap karena keduanya sama-sama berniat menghabisi nyawa sesama demi memuaskan syahwat kecemburuan.

Kain, oleh karena cemburu tega membunuh Habel, sang adik kandung sendiri.  Berlatar belakang karena Allah menerima korban persembahan Habel dan sebaliknya menolak korban persembahan Kain.  Olehnya, Kain cemburu buta dan berujung pada pembunuhan saudara kandung sendiri.  Tragis....

Tak jauh beda dengan kasus Saul.  Melihat Daud (yang awalnya tak diperhitungkan) kian hari kian bersinar dan mulai dipuja-puji oleh rakyat, Saul mulai merasa tersaingi.  Bibit cemburu buta dengan cepat mengisi pikiran dan jiwanya.  Karenanya, berbagai cara dan upaya untuk melenyapkan Daud dilakukannya.  Dia tidak tahu, bahwa kemunculan Daud adalah atas ketetapan Tuhan. Sebab tak lama lagi Daud akan menjadi raja baru yang kelak menjadi raja "terbesar" dalam sejarah kerajaan Israel kuno maupun modern.

Perbedaan kedua tukang cemburu buta ini adalah, Saul Gagal menghabisi nyawa Daud sedangkan Kain dengan tega berhasil menghabisi nyawa adiknya.  Tapi apa pun ceritanya, kedua orang ini telah gagal menjaga hatinya dan sama-sama berniat murni hendak menghabisi orang yang dianggap mengganggu eksistensinya.

Rekans, anda mungkin tidak membunuh raga tetapi bila anda memiliki sifat seperti Kain dan Saul yaitu: Suka cemburu buta dan berusaha menyingkirkan teman yang dianggap bisa mengganggu kekuasaan anda, entah itu di kantor, di dunia bisnis, apalagi di pelayanan, maka anda tak berlebihan bila dilabeli juga sebagai "pembunuh"

Kendalikan kecemburuan anda. Jagalah hatimu dengan kewaspadaan (Amsal 4:23)


1 comment:

  1. Disini kami menjual obat sipilis herbal Gang Jie dan Gho Siah dari De Nature Indonesia yang diformulasikan kusus dengan kandungan herbal alami yang berkasiat, mampu mengobati penyakit sipilis, gonore, dan keputihan berlebih secara efektif tanpa menimbulkan efek samping. Selain terbuat dari bahan herbal, obat tersebut juga telah terdaftar dan teruji klinis oleh BPOM Ri jadi sudah terbukti ampuh. Dijamin dalam waktu 3-5 hari penyakit sipilis yang anda alami dapat disembuhkan.

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)