vascript'/>
"..Amazing Grace..": Kut'rima Janji Allah dari Kaum Yehuda

Monday, August 11, 2014

Koreksi Motif Ketaatan Kita....

Yoh 14:15
"Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku

Dalam seluruh agama khususnya Kriten, tema ketaatan adalah bagian yang tidak teripsahkan. Kita dituntut untuk taat aturan, taat etika, taat hukum, taat ibadah dan yang paling sering digaungkan adalah taat akan perintah dan firman Tuhan.

Pemirsa... Kita perlu tahu dengan benar apa yang menjadi pendorong kita untuk taat kepada Tuhan, taat beribadah dan taat perintahnya. Sebab ternyata didapati banyak motif yang salah dari seseorang dalam mengaplikasikan tema ketaatan ini.
Pertama ada yang taat kepada Tuhan karena takut penghukuman dan mengingat bahwa Tuhan adalah hakim yang tegas lagi keras atas pelanggaran, takut kena kutuk seperti yang sering terjadi kepada banyak orang Israel sepanjang perjalanan dari mesir ke tanah kanaan. Ada yang memilih taat karena takut masuk neraka dan umumnya ini yang jadi alasan paling banyak.

Kedua, ada yang memilih taat karena didorong oleh satu motif untuk mencapai kepuasan diri dengan merasa mampu melakukan dan mencapai standar-standar hidup dan moral yang tinggi dengan cara hidup saleh, sopan, ramah dan sempurna dihadapan umum. Misalnya seorang pemuda kaya yang datang kepada Yesus dan ternyata Yesus mendapatinya belum sempurna hanya dengan menaati seluruh hukum taurat.

Ketiga, ada yang taat oleh karena menunaikan kewajiban terhadap tugas-tugas pelayanan. Para ahli taurat tidak tertandingi dalam hal ketaatan kepada hukum taurat, akan tetapi mereka tidak mengasihi Tuhan dengan tulus melainkan lebih mengasihi aturan-aturan hukum taurat dan kita semua tahu mereka inilah aktor intelektual penyaliban Yesus. Seorang pelayanan menjadikan kewajiban sebagai alasa utama untuk taat beribadah setiap waktu, tetapi ketaatan oleh karena kewajiban tidak akan menghasilkan sukacita yang maksimal.

Lalu apa sebenarnya motivasi yang paling tepat yang mendorong kita kepada firman dan perintah Tuhan. Motivasi pertama dan terutama haruslah karena kita benar-benar mengasihi Tuhan. "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Bila kita taat kepada Tuhan oleh karena benar-benar mengasihi-Nya, inilah yang memberikan kepuasan dan sukacita yang paling maksimal dalam kehidupan kita.

Tuhan Yesus Memberkati. Haleluya.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)