Hidup itu bisa jadi tak semudah yang kita bayangkan, tetapi sering tidak sesulit yang kita kwatirkan..

Wednesday, May 21, 2014

Disergap Iblis saat Sepi..

II Samuel 11:1-4

Pada pergantian tahun, pada waktu raja-raja biasanya maju berperang, maka Daud menyuruh Yoab maju beserta orang-orangnya dan seluruh orang Israel. Mereka memusnahkan bani Amon dan mengepung kota Raba, sedang Daud sendiri tinggal di Yerusalem .
Sekali peristiwa pada waktu petang, ketika Daud bangun dari tempat pembaringannya, lalu berjalan-jalan di atas sotoh stana, tampak kepadanya dari atas sotoh itu seorang perempuan sedang mandi; perempuan itu sangat elok rupanya. 

Lalu Daud menyuruh orang bertanya tentang perempuan itu dan orang berkata: "Itu adalah Batsyeba binti Eliam, isteri Uria orang Het itu." 

Sesudah itu Daud menyuruh orang mengambil dia. Perempuan itu datang kepadanya, lalu Daud tidur dengan dia. Perempuan itu baru selesai membersihkan diri dari kenajisannya.  Kemudian pulanglah perempuan itu ke rumahnya.

Pemirsa, Apa kabar kini? Saya mohon maaf karena tidak menabur manna di blog ini kurang lebih 3 minggu terakhir.  Tak ada penyebab lain, kecuali karena beberapa kesibukan yang tak memberiku ruang dan waktu untuk menarikan jejari menciumi tus-tuts laptop tuaku. Sekali lagi mohon maaf ya rekan-rekan.

Sepi, Menyendiri.  Pemirsa.. Apa yang terlintas dalam benak kita membayangkan seseorang yang sering kesepian dan menyendiri?  Atau apa yang kita rasakan saat disergap kesepian atau menyendiri? Yap benar, hehehe.  Beberapa hal yang umum terjadi adalah kita merasa malas-malasan, banyak merenung, banyak mimpi-mimpi di siang bolong, kadang juga sedih.

Tetapi salah satu yang paling berbahaya adalah saat kita sering seorang diri dan merasa sepi, kita begitu mudah tergoda untuk berpikir dan melakukan hal-hal yang negatif.
Berbeda dengan saat kita bersama dengan beberapa orang dan melakukan kegiatan bersama-sama. Itulah sebanya orang-orang yang terjerumus kepada perbuatan-perbuatan yang negatif adalah mereka yang terbiasa menyendiri, merasa kesepian atau orang-orang yang tidak memiliki kegiatan-kegiatan rutin setiap hari.

Hal yang sama pernah terjadi kepada seorang Daud yang notabenenya adalah seorang yang diurapi Tuhan dan merupakan salah satu raja terbesar yang pernah memimpin Israel.  Berdasarkan Firman Tuhan di atas, jelas penyebab jatuhnya Daud kepada dosa perzinahan adalah karena dia sedang seorang diri di istana dan tidak melakukan kegiatan apa-apa selain tidur seharian, dan lalu kemudian bangun jalan-jalan disekitar istana dan kelihatanlah sesuatu yang menggoda.  Padahal harusnya hari itu Daud berperang sebagaimana mestinya dan bukan malah di istana tidur-tiduran.

Disinilah letak masalahnya.  Saat kita seorang diri dalam kesepian, disitulah Iblis menyusun siasat untuk memberikan tawaran yang nikmat sesaat dan mempengaruhi pikiran kita.  Pikiran kita akan dengan mudah saja terpengaruh karena sedang tidak ada kerjaan dan urusan. Akhirnya kita terjerat oleh kekuatan iblis.

Pemirsa.. 
Saat sepilah muncul niat mencuri
Saat sepilah muncul niat berzinah
Saat sepilah muncul niat bunuh diri
Saat kesepianlah orang lari kepada narkoba

Ya, Iblis menyergap kita saat sepi.... Sedang saat kita dalam kebersamaan, apalagi bersama anak-anak Tuhan, iblis lari terbirit-birit.

Tuhan Memberkati


2 comments:

  1. Trima kasih untuk renungannya lae... Terus berkarya dalam kebaikan berbagi hal-hal positip & membangun. Tuhan Yesus Memberkati. Amin :D

    ReplyDelete
  2. Terima kasih telah berkunjung lae. Semoga terberkati

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)