Hidup itu bisa jadi tak semudah yang kita bayangkan, tetapi sering tidak sesulit yang kita kwatirkan..

Friday, October 04, 2013

Think Globally, Act Locally

Filipi 4:8

Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci , semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Pemirsa, beberapa hari yang lalu saya ada sedikit urusan ke salah satu gereja GPI yang ada di kota Medan. Saat berbincang dengan Pembina Pemuda disana, saya diberitahu bahwa si pembina kecewa dengan salah satu anggotanya yang aktif dan menjadi salah seorang pengurus di kumpulan antar organisasi pemuda pada tingkat yang lebih tinggi. Letak
kekecewaannya adalah mengapa di tingkat organisasi antar gereja, si pemuda ini aktif dan menjadi pengurus tetapi di gereja lokal dimana dia dan orang tuanya terdaftar sebagai jemaat, si pemuda ini malah tidak kelihatan, cuek dan memiliki komunikasi yang buruk dengan teman-teman dan Hamba Tuhan.

Rekans, saya sengaja mengangkat hal ini karena kelihatannya masalah seperti ini sering dan sudah lama terjadi kepada beberapa orang, dimana ada seseorang atau beberapa orang dari sebuah gereja lokal yang "bersinar" diluar tetapi namanya buruk di gereja lokal. Biasanya ini terjadi kepada seseorang yang telah menjadi senior atau orang lama dalam satu kumpulan/organisasi.

Mengapa bisa terjadi? Menurut pengamatan saya beberapa penyebab terjadinya hal ini adalah pertamana adanya misskomunikasi. Kedua adalah seseorang itu mulai merasa hebat karena telah berpengalaman dan punya teman yang lebih banyak. Dia merasa tidak lagi se level dengan teman-teman lamanya di gereja lokal. Ada pula yang merasa sok tua sehingga tidak lagi merasa connect berinteraksi dengan orang-orang di lingkungannya.

Firman Tuhan hari ini mengajak kita untuk berusaha berpikir dan melakukan hal-hal yang baik, patut dipuji, sedap di dengar, yang manis, yang mulia dan buah-buah perilaku baik lainnya. Tentu yang bisa menilai dan menyaksikan hal ini adalah orang-orang disekitar kita. Kalaupun kita sudah mengglobal, menjadi orang penting di komunitas yang lebih besar dan luas, kita tetap beri perhatian dan peduli serta tidak lupa dengan gereja lokal.

Think Globally, Act Locally. Bersinar diluar, berjaya di dalam.

Haleluya!!


No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)