Hidup itu bisa jadi tak semudah yang kita bayangkan, tetapi sering tidak sesulit yang kita kwatirkan..

Tuesday, October 08, 2013

Pentingnya Update Status...

Kolose 3:10

"...dan telah mengenakan manusia baru  yang terus-menerus diperbaharui  untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya..."

Pemirsa, suatu waktu saya bersama teman rombongan pelayanan melakukan kunjungan ke salah satu gereja yang agak jauh dari tempat tenggal alias kost. Kami sepakat untuk berangkat dari tempat masing-masing dan bertemu ditempat yang dituju, semuanya
mengendarai sepeda motor. Eh ternyata saat semua sudah on the way, oleh ketua rombongan dikabari via sms dan telepon bahwa kunjungan tidak jadi karena mereka yang akan dikunjungi ada urusan mendadak.

Tetapi beberapa diantara kami termasuk saya tidak menghiraukan sms dan telepon yang masuk ke handphone meski saya sebenarnya merasakan getaran dan nada handphone berbunyi. Jadilah beberapa diantara kami terus berpacu dengan sepeda motor hingga tiba di tempat yang dituju tetapi orang yang dikunjungi tidak ada ditempat, sedangkan beberapa teman yang sudah janji juga tidak muncul. Dengan sedikit perasaan kesal, saya membuka handphone dan ternyata.... Sudah dikabari, di sms dan ditelepon bahwa kunjungan dibatalkan. Jadilah waktu, tenaga dan bensin terbuang.

Seandainya saat merasakan getaran dan bunyi hand phone saya langsung berhenti sejenak dan lalu buka atau angkat telepon, ceritanya akan berbeda dan tidak se "tragis" ini, haha.

Rekans, gereja, pelayanan dan karya Roh Kudus untuk gerejanya bersifat dinamis dan tidak statis. Hidup, roh hati dan jiwa kita pun diharapkan Tuhan untuk senantiasa ter update dan dibaharui dari sehari ke sehari seperti kata Firman Tuhan. Seiring waktu berjalan, kerohanian kita mestilah semakin matang, dewasa dan kuat. Kerangka berpikir kita pus mestinya makin luas seiring dengan pengalaman yang terus di asah.

Kita tidak perlu anti kepada perubahan-perubahan yang sifatnya konstruktif. Hal ini berlaku di segala segmen hidup, pada umumnya waktu senantiasa memunculkan penemuan-penemuan, sistem-sistem, pola kerja dan prinsip-prinsip yang baru. Ada yang positif dan ada negatif.

Tak ketinggalan dalam hal kerohanian dan termasuk dalam penatalayanan gerejawi. Bila kita tidak peka terhadap perubahan-perubahan yang terjadi maka kita akan ketinggalan kapal. Saya percaya dalam setiap periode waktu, Tuhan menyiapkan hal-hal baru bagi kemajuan gereja-Nya di bumi. Ada hal-hal baru yang tersingkap oleh Roh Kudus kepada hamba-hamba dan nabi-nabiNya yang bertujuan untuk semakin menyempurnakan gereja-Nya sehingga kelak siap menjadi mempelai wanita-Nya dalam pesta perkawinan Anak Domba.

Jadi kita harus update karakter kita
Jadi kita harus update kapasitas kita
Jadi kita harus update hati, pikiran, roh dan jiwa kita
Jadi kita harus update manajemen diri kita
Jadi kita harus update manajemen gereja kita
Jadi kita harus update pola berpikir kita

dan yang paling penting Up Date "api Roh Kudus" yang telah dicurahkan kepada kita.

Haleluya!!


No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)