Mission Started. Misi telah dimulai. Kiranya Tuhan Memberkati..

Thursday, October 10, 2013

Bunyi Alarm kian Nyaring, Jangan Abaikan...

I Kor 6:19

Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah 
bait  Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? 

Pemirsa, salam sejuk dari Brastagi...

Saya baru saja tiba di kota dingin, subur dan indah ini. Berkunjung ke rumah Keluarga yang oleh mana kepala keluarga (lae saya) baru dipanggil Tuhan beberapa minggu lalu. Almarhum meninggalkan satu isteri dan dua anak yang masih kecil. Kasihan kedua bocah yang tidak bisa menolak takdir, mesti ditinggal ayah di masa kanak-kanak. Dari cerita inang bao (istri lae) ini didapati kesimpulan bahwa meninggalnya lae ini di usia muda (belum menyentuh angka 40 tahun) adalah karena gaya makan yang buruk, termasuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat.

Rekans, oleh para praktisi dan pengamat kesehatan sudah sering sekali kita diingatkan supaya menjaga pola makan yang sehat. Tetapi entah kenapa sering sekali kita abaikan. Kalau mau jujur saya juga termasuk sering mengabaikan pesan berharga ini. Khususnya pola makan tidak teratur, hehe.

Saat ini juga ibu saya sedang menangis, karena sedang terbayang paramannya yang harus pergi selamanya tanpa sempat dihadiri pemakamannya. Kadang kita baru disadarkan ketika orang-orang yang kita kasihi harus meregang nyawa oleh karena tidak memperhatikan kesehatan tubuh. Berapa orang yang hidupnya harus berakhir karena darah tinggi, karena tipus, karena angin duduk, karena kelebihan berat badan, karena rokok, karena minuman keras, karena tuak dan lain-lain.

Akhhh, kalau begitu.. Mari teman-teman. Kita coba mulai disiplin menjaga kesehatan tubuh kita. Mulai dari pola makan yang teratur, selanjutnya menghindari makanan-makanan yang kurang sehat, minuman yang berdampak negatif, rokok dan apa pun itu yang tidak bermanfaat baik bagi kita.

Oya, JANGAN LUPA, bahwa bila kita harus terbaring sakit atau pergi selamanya ternyata yang paling rugi bukan hanya kita tetapi anak kita, istri kita, suami kita, keluarga. Apalagi bila kita adalah orang yang sebelumnya sangat diandalkan dalam keluarga. Seperti almarhum lae saya ini, anak-anaknya yang masih bocah harus menerima kenyataan tidak akan melihat ayahnya lagi untuk selamanya. Kasihan bukan?

Eitss, ini lebih penting lagi. Bahwa tubuh kita yang sering kita abaikan ini sebenarnya bukan milik kita tetapi milik Tuhan. Baca tuh ayat di atas. Sungguh tubuh kita adalah milik Tuhan yang dipercayakan kepada kita untuk dijaga.

Mending bila kita harus terpaksa tidak teratur pola makan oleh karena melayani, atau pekerjaan yang tidak bisa ditinggal. Tetapi bila oleh karena malas, karena nafsu yang tidak bisa dikendalikan atau oleh karena ikut-ikutan dengan, betapa malangnya nasib kita. Harus menderita oleh karena kebodohan. Kalau sudah begini kita sudah wajar diberi label. Bukan B1 apalagi B2, melainkan B3 alias Benar-Benar Bodoh.

Baiklkah teman... Alarm sebagai warning bagi kita untuk menjaga kesehatan makin sering berbunyi, pun kian lama kian nyaring. JANGAN ABAIKAN...

Dari Brastagi kukabarkan, hehe

HAleluya!!


1 comment:

  1. Terimakasih pak, peringatan yg sgt berharga dn bermanfaat, klu dh terjbdi penyesalan tiada guna, Tuhan smkn menambah hikmad dn pengetahuan kpd bpk, dn smkn diberkati, Haleluya..

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)