Hidup itu bisa jadi tak semudah yang kita bayangkan, tetapi sering tidak sesulit yang kita kwatirkan..

Monday, September 09, 2013

Ini Yang Terpenting di Pagi Hari..

Markus 1:35

Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.

Pemirsa, Menurut pakar kesehatan bahwa serapan pagi adalah sangat penting adanya bagi kesehatan tubuh kita.  Secara ringkas manfaat sarapan pagi adalah:  Memberikan energi, Menyegarkan otak, mencegah penyakit maag, dan lain sebagainya.  Selain itu juga untuk menjaga kontrol pola makan yang sehat. Sebab kita tentu mengetahui begitu banyak orang
jatuh sakit bahkan berujung kematian yang dikarenakan pola makan yang tidak sehat. Intinya bawha dengan serapan pagi, kita punya daya untuk berkarya diawal hari. Jadi boleh dikata, untuk kebutuhan fisik kita, maka yang terutama adalah serapan pagi.

Untuk urusan rohani, apakah yang terpenting di pagi hari? Persis seperti kebutuhan jasmani, yang paling dibutuhkan setiap orang untuk menjaga "kesehatan" rohaninya sepanjang hari adalah "sarapan pagi".  Motivator dan pengkhotbah hebat Indrigautama menyebutnya dengan istilah JC Coffe Shop.  Saat pagi hari mata terbuka, yang pertama dan terutama kita lakukan adalah menyapa Tuhan, mengucap syukur atas pemeliharaan dan penjagaanya sepanjang kehidupan kita dan terkhusus selama tidur semalaman. Tidur adalah kondisi dimana kita tidak bisa menjaga diri kita, tetapi Tuhan memberikan layanan keamanan gratis kepada kita sepanjang istirahat. Siapa yang tidak mensyukurinya pantas dilabeli sebutan bari yaitu si Sombong kepada Tuhan.

Setelah ucapan syukur di pagi hari, kesehatan rohani akan kita terjamin dengan makan "manna sorgawi" alias membaca Firman Tuhan.  Membaca Firman Tuhan adalah saat dimana kita yang berposisi sebagai pendengar, dan giliran Tuhan yang berbicara.  Sedangkan berdoa adalah waktu dimana Tuhan yang mendengar dan kita yang berbicara.  Hal ini perlu dijaga keseimbangannya.  Firman yang kita baca dipagi hari akan menjadi penuntun, sumber kekuatan dan pemberi solusi untuk akfitas kita seharian.

Rekans, Yesus sendiri menjadi teladan kita.  Pada ayat di atas disebutkan dengan jelas bahwa Tuhan Yesus memilih bangun dengan cepat alias pagi-pagi benar, lalu mencari tempat yang sunyi dan nyaman lalu berdoa kepada Bapa.  Istilah sekarang, hal ini disebut
Saat Teduh.  Saat sejuk, nyaman di pagi hari dan menaikkan syukur kepada Tuhan dan menumpahkan isi hati dan permohonan kepapa Tuhan.

Rekans, saya yakin kita semua bisa membuktikan khasiat sarapan pagi ini.  Baik sarapan jasmani maupun sarapan rohani.  Bila anda beraktifitas dipagi hari tanpa dibekali serapan pagi, sudah pasti hasilnya tidak maksimal. Sebab siapa yang bisa bekerja maksimal dengan perut keroncongan? Persis begitu juga bila kita beraktifitas seharian tanpa diawali doa dan Firman Tuhan.

Selamat Bangun pagi hari, Hal yang pertama dan terutama yang kita lakukan adalah Menyapa Tuhan.

Haleluya...


No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)