Hidup itu bisa jadi tak semudah yang kita bayangkan, tetapi sering tidak sesulit yang kita kwatirkan..

Tuesday, August 20, 2013

Rumus Terbaik: Harmoni

I Korintus 3:4
Karena jika seorang berkata, "Aku dari golongan Paulus dan yang lain berkata "Aku dari golong Apolos", bukankah itu menunjukkan bahwa kamu manusia duniawi yang bukan rohani?

Pemirsa.... Beberapa hari yang lalu ada sebuah rencana protes yang membuncah di dadaku. Protes kepada Seksi Festival HUT 70 Tahun GPI.  Dalam notasi Lagu wajib yang disajikan panitia, saya menemukan satu notasi yang menurut yang SAYA TAU tidak tepat, karena mencolok nada dan posisinya.  Esok hari di Siantar dalam Rapat Panitia sudah saya rencanakan untuk aksi protes ini.

Tetapi untung saja belum terlanjur.  Sore tadi kami kedatangan pengajar V Group yang Oke Punya. Notasi yang saya anggap salah ini saya tanya kepada beliau.  Eh ternyata justru bagus bila not itu ada.  Justru itu sebuah peluang untuk menciptakan harmoni yang menarik yang mungkin saja kontingen yang lain tidak memahaminya.  Tinggal memanajemen suara yang ada dengan baik, menciptakan keseimbangan, maka hasilnya akan memanjakan telinga.

Kawan-kawans...Kita tidak bisa menafikan bahwa di dalam organisasi selalu ditemui perbedaan, dan tak jarang perbedaan ini menjadi bibit perselisihan.  Repotnya meski dalam organisasi pelayanan pun tak jarang timbul perselisihan yang cukup tajam yang berujung pada perpisahan, lebih parah lagi bukan hanya perpisahan tetapi permusuhan panjang yang berbuah kebencian antara satu dengan yang lain.

Salah satu persoalan yang mengemuka dewasa ini di dalam pelayanan adalah adanya munculnya perbedaan kepentingan dan kebutuhan yang diakibatkan oleh perbedaan generasi.  Ada generasi tua yang cenderung stagnan, kolot dan statis.  Di satu sisi muncul generasi muda yang cenederung dinamis, menggebu-gebu dan menginginkan perubahan cepat.  Hal ini tak jarang menimbulkan persoalan yang bisa berpengaruh
negatif terhadap kemajuan pelayanan.  Dua generasi berbeda ini masing-masing punya keunggulan dan kelemahan. Kelebihan Generasi Tua adalah biasanya tidak terburu-buru, bertindak dengan pertimbangan dan perhitungan yang matang.  Generasi Muda juga punya keunggulan karena cenderung innovatif, kreatif, serta cekatan dalam bertindak.

Sebenarnya apa rumus terbaik untuk mengelola perbedaan ini dan memformasinya menjadi sebuah kekuatan?  Rumus yang terbaik adalah HARMONI.  Yaitu keseimbangan dan keselarasan potensi dan sumber daya yang ada.  Generasi Tua perlu membuka diri terhadap tuntutan generasi muda, Tetapi Generasi Muda perlu rem untuk menghormati Generasi Tua. Ingatlah ini, Generasi Tua yang membuka diri dan mengalah kepada generasi muda tidak akan mengurangi wibawa generasi tua, demikian juga sebaliknya.  Bila suatu waktu generasi muda megalah kepada generasi tua, dunia belumlah kiamat.  Perjalanan masih panjang, ruang dan waktu yang tidak sedikit masih terbuka di masa depan.

Dengan harmonilah kita bisa mempertahankan persekutuan kita.  Meletakkan perbedaan yang ada pasa tempatnya dan membentuk formasi yang kuat dari perbedaan-perbedaan menjadi kekuatan.  Yang terlalu panjang dipendekkan, yang terlalu pendek dipanjangkan. Yang pintar sabar kepada yang tidak pintar, yang tidak pintar belajar dari yang pintar. Itulah harmoni sejati.

Tuhan Memberkati.

Haleluya..


No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)