Hidup itu bisa jadi tak semudah yang kita bayangkan, tetapi sering tidak sesulit yang kita kwatirkan..

Friday, August 23, 2013

MEMANG, Tuhan sering nge-Test kita,,,

Keluaran 13:17,21
17. Setelah Firaun membiarkan bangsa itu pergi, Allah tidak menuntun mereka melalui jalan ke negeri orang Filistin, walaupun jalan ini yang paling dekat; sebab firman Allah: "Jangan-jangan bangsa itu menyesal, apabila mereka menghadapi peperangan, sehingga mereka kembali ke Mesir
21. TUHAN berjalan di depan i  mereka, pada siang hari dalam tiang awan untuk menuntun mereka di jalan, dan pada waktu malam dalam tiang api untuk menerangi mereka, sehingga mereka dapat berjalan siang dan malam.

Pemirsa.... Siapa yang tidak jengkel bila suatu urusan bisa cepat tapi ada oknum yang dengan sengaja memperlambat?

Suatu waktu saya harus berurusan dengan salah satu Bank BUMN di Indonesia. Hari ini kita diberitahu syarat-syarat untuk mengurus sesuatu. Setelah dipenuhi dan datang kembali besoknya, diberitahu lagi bahwa ada syarat tambahan yang tidak mudah untuk diselesaikan dalam sehari sementara dateline adalah hari itu sendiri.  Tentulah ini sangat menjengkelkan bukan?  Dan terpaksalah daku marah semarah-marahnya.  Sebab cara ini jelas menimbulkan kerugian besar bagi saya.

Tapi kawan-kawan.. ternyata Tuhan juga sering atau minimal pernah "mengerjai" kita. Mengerjai dalam tanda kutip ya kawan-kawan.  Coba kita simak aya di atas.  Sudah jelas-
jelas ada jalur cepat bagi Israel untuk menghemat waktu perjalanan menuju Kanaan.  Tetapi lihatlah, Tuhan malah menuntun mereka dari jalan yang lain yang justru lebih jauh, melelahkan dan bikin emosi. kwkwkw.  Pantas saja sebagain orang Israel mengamuk dan nyaris mendemo Musa sang pemimpin.
"....Jadi ternyata bukan manusia saja yang suka memperpanjang urusan, tetapi Tuhan juga. BEDANYA ADALAH, Manusia cenderung bertujuan negatif sedang maksud Tuhan adalah DEMI KEBAIKAN.  Jelas sekali maksud Tuhan dalam ayat di atas adalah untuk mengubah mental orang-orang Israel menjadi orang-orang yang tahan uji menghadapi perjalanan panjang dan menghadapi persoalan.  Mengubah mereka dari mental BUDAK (sebagaimana selama di Mesir) menjadi mental PEJUANG, mental PEMENANG.  Itulah tujuan Tuhan sehingga kadang-kadang Tuhan menguji mereka dan membawa mereka melewat jalan-jalan yang tidak mudah...."

Dan ini nih yang tidak bisa dilupakan, bahwa Walaupun Tuhan menguji kita, membawa kita kepada perjalanan yang sulit bahkan penderitaan, Dia sama sekali tidak membiarkan kita Sendirian.  Ayat 21 Jelas sekali menyatakan bahwa Tuhan menurunkan tiang awan kala panas terik menimpa orang Israel.  Sedangkan di kala mala yang dingin menusuk dan
kegelapan malam menghantui, Tuhan sediakan Tiang Api.

AMAZING.....

So??? Tuhan Memang sering/pernah menguji kita, tetapi tujuannya positif dan Dia ulurkan tangan kasih-Nya menolong kita melewati masa-masa ujian.  TERPUJILAH DIA.

HALELUYA..


No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)