Mission Started. Misi telah dimulai. Kiranya Tuhan Memberkati..

Thursday, January 21, 2010

Perang Suku (Adat) di Papua berakhir


Akhirnya perang suku di papua yang melibatkan Suku Damal bergabung dengan suku Dani melawan suku Amugme berakhir dengan damai. Perdamaian berlangsung dilapangan yang difasilitasi oleh Polisi dan pimpinan adat mereka masing-masing. Perdamain juga ditandai dengan tembakan pistol sebanyak dua kali oleh kapolres setempat. Dengan demikian, akhir perangkali ini berbeda dengan sebelumnya. Karena biasanya perang akan berakhir jika korban jatuh telah sama di kedua pihak.

Ada sebuah catatan yang sangat menarik dari sering perang suku di papua yang sangt sering terjadi ini. TERNYATA perang suku di Papua merupakan sebuah ADAT dan BUDAYA yang menurut mereka perlu dilestarikan. Bahkan ada hubungannya dengan keercayaan mereka. Aneh tapi nyata....

Selain itu,
menurut Ensiklopedia, bahwa perangsuku ini juga merupakan sebuah wujud penghormatan mereka kepada nenek moyang. Sehingga jangan heran,pada saat perang berlangsung, malah mereka kelihatan seperti gembira dan bersukacita. wah..wah... perang ko malah senang dan bergembira.

Tapi itulah sosio kemasyarakatan yang terjadi di sana. Hany saja kita sangat berharap, supaya kerangka beropikir mereka berubah. Biar bagaimanapun mengorbankan nyawa sesama adalah sebuah dosa kepada pencipta. Semoga masyarakat Papua tidak lagi menganggap perang suku sebagai bagian darikepercayaan apalagi sebagai penghormatan kepada nenek moyang yang sudah tiada. SEMOGA..