Hidup itu bisa jadi tak semudah yang kita bayangkan, tetapi sering tidak sesulit yang kita kwatirkan..

Monday, January 11, 2010

Beginilah Internet Di Tahun 2020


Internet sudah menjadi konsumsi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangannya terus bertambah, baik dari sisi pengguna hingga dengan kecanggihan teknologi yang ditawarkan. Nah, lalu akan seperti apakah internet pada sepuluh tahun mendatang?

Beberapa pengamat,
seperti yang dirangkum oleh PC Advisor mencoba ‘menerawang' seperti apakah internet dalam satu dekade ke depan.

1. Banyak orang akan menggunakan internet
Menurut Internet World Stats, hingga saat ini internet telah mencapai 1,7 milyar pengguna, dengan jumlah penduduk dunia yang telah mencapai 6,7 milyar orang. Dan National Science Foundation memprediksikan bahwa internet akan memiliki hampir lima milyar pengguna pada saat itu.

2. Internet akan meningkat di Negara berkembang
Sebagian besar pertumbuhan web selama 10 tahun akan datang dari negara-negara berkembang. Menurut Internet World Stats, daerah dengan tingkat penetrasi terendah adalah Afrika (6,8 persen), Asia (19,4 persen), dan Timur Tengah (28,3 persen). Sebaliknya, Amerika Utara memiliki tingkat penetrasi 74,2 persen. Pastinya internet di tahun 2020 akan menjangkau lebih banyak lokas terpencil di seluruh dunia.

Internet di tahun 20203. Internet akan menjadi jaringan, bukan sekedar komputer-komputer terhubung
Internet memiliki sekitar 575 juta host komputer yang menurut CIA World Factbook 2009. Tetapi NSF mengharapkan milyaran sensor pada bangunan dan jembatan akan terhubung ke internet untuk menggunakan seperti listrik dan keamanan sebagai pemantauan. Dan diharapkan pada tahun 2020, jumlah net-sensor akan terhubung kali lipatnya lebih besar dari jumlah pengguna.

4. Data internet akan mencapai exabyte, bahkan mungkin zettabytes!
Para peneliti telah menciptakan istilah ‘exaflood' merujuk pada peningkatan cepat jumlah data, terutama gambar dan video kualitas tinggi ditransfer melalui internet. Diperkirakan pada tahun 2010 bahwa perdagangan global akan tumbuh 44 exabytes per bulannya, lebih dari dua kali lipat dimasa sekarang ini.

Penyedia konten seperti Google menciptakan konten ini daripada Tier 1 ISP. Pergeseran ini mendorong minat kembali Architecting Internet menjadi jaringan konten-sentris, bukan jaringan transportasi.


8 comments:

  1. yg penting akses utk inet gak lemot aja ya.

    ReplyDelete
  2. benar fanny... yang penting waspada,,banyak setan bereliaran di internet, hehehee

    ReplyDelete
  3. wah internet sekarang gak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari hari banget deh. kemaren waktu komputer rusak 2 hari aja... gak pake internet, rasanya sudah jadi manusia di negeri antah berantah yang terisolir dari dunia luar. hehehehehee...

    ReplyDelete
  4. hahhahah.. benar elsa... ineternet udah sama dengan HP nampaknya..

    ReplyDelete
  5. internet memang menjadi suatu kebutuhan pentingzasman sekarang ini

    ReplyDelete
  6. nampaknya internet sudah lebih penting dari makan siang hehhehee

    ReplyDelete
  7. ilustrasi yang cukup melegakan...(berarti nanti akan ada perang tarif nieh...)

    ReplyDelete
  8. perang tarif makan dengan warnet hahahhaa

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)