Hidup itu bisa jadi tak semudah yang kita bayangkan, tetapi sering tidak sesulit yang kita kwatirkan..

Monday, February 09, 2009

Meraih Keberhasilan


Berhasil adalah suatu perjuangan ………….


Perjuangan untuk mendapatkan hasil ………


Hasil dari sebuah impian yang dijalani untuk digapai ……


Saya jadi ingat, pada saat duduk di bangku SD, ibu guru memberi tugas pada murid-muridnya untuk memelihara seekor anak ayam. Waktu itu ada dua ekor anak ayam yang saya pelihara, karena masih sangat kecil, sehingga masuklah di dalam kandang yang mungil. Agar hangat maka diletakkan sebuah lampu 5 watt meneranginya agar suhu di kandang tetap hangat sekalipun malam hari. Tiap hari saya perhatikan bagaimana anak ayam ini makan, dan bahkan setiap malam menjelang tidur tidak lupa saya sempatkan melongok dulu ke kandang ayam ini. Pertumbuhan demi pertumbuhan, perubahan demi perubahan saya amati, dan menjadi memori yang tak terlupakan hingga kini.


Lalu anak ayam ini bertumbuh menjadi dewasa, semakin kuat, kandang mungil sudah tidak muat lagi dan harus diubah menjadi kandang yang lebih besar dan akhirnya tiba saatnya mereka bertumbuh menjadi ayam petelur dewasa. Semula saya perhatikan kedua ekor anak ayam ini memang lucu bagaikan boneka mainan, telah bertumbuh menjadi ayam dewasa, dewasa lagi hingga bertelur, bahkan herannya hampir tiap hari kedua ayam tersebut menghasilkan telur yang menggelinding keluar dari kandangnya. Saya begitu senang setiap kali memungut telur itu, saya bangga pada ayam ini karena berhasil tumbuh dewasa dan terus bertelur. Ibu saya juga bangga karena anaknya berhasil memelihara ayam dan dia menikmati telur itu setiap hari, Ibu guru juga sangat bangga karena murid-muridnya berhasil mengikuti ajarannya, dan hasilnya telah terlihat.


Memang keberhasilan adalah sebuah proses, yang harus dilalui hari demi hari, hingga perjuangan itu membuahkan hasil yang merupakan tergapainya sebuah impian yang semula tidak berwujud.


Proses itu sendiri adalah suatu perjuangan, dan perjuangan tidak selalu berjalan mulus seperti yang kita harapkan. Saya ingat pada suatu malam saya terbangun dan melongok kandang ayam itu dan saya lihat kedua anak ayam itu lemas, ternyata tempat minumnya terbalik dan tumpah sehingga mereka lemas kehausan. Saat itu merupakan saat yang krisis baginya dan hampir mati, sehingga pagi hari itu saya harus membeli obat ke tempat peternakan ayam supaya kedua ayam ini kembali sehat. Yah sebenarnya didalam proses itu, kadang ada masa-masa krisis, bahkan kadangkala kegagalan menghadangnya, namun selama masih ada kerinduan untuk meraih hasil, proses itu harus dilewati hingga hasil itu muncul dihadapan kita.


Kapan hasil itu muncul ? Hanya orang yang menapaki jalan langkah demi langkah, maka dia yang tahu berapa lama lagi perjalanan dan berapa jauh lagi perjalanan itu harus dijalani, setiap tapak yang dilaluinya akan memberi pengertian bahwa seberapa jauh lagi dia harus melangkah. Seorang yang tertidur lelap dimalam hari, maka akan terkejut ketika terbangun dan melihat bahwa matahari telah terbit di pagi hari, namun penjaga malam yang berjaga-jaga akan selalu tahu kapan matahari mulai terbit dan bersinar menerangi bumi. Seorang petani yang menyiangi sawahnya setiap hari, dalam hatinya mendambakan bulir-bulir padi yang akan dituai, kapankah hal itu terjadi ? mungkinkah ? bisakah ? ........................


Keberhasilan bukan merupakan kekejutan yang datang tiba-tiba, tetapi suatu proses yang harus dijalani tahap demi tahap, langkah demi langkah …….. sampai kugapai apa yang kuimpikan.



No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)