Mission Started. Misi telah dimulai. Kiranya Tuhan Memberkati..

Thursday, January 29, 2009

PM Lesbian I di dunia

Islandia akan mengumumkan pejabat sementara perdana menteri (PM) pekan ini. Uniknya, dia adalah politisi yang secara terbuka mengungkapkan dirinya sebagai lesbian. Dengan kata lain, Johanna Siguroardottir, 66, adalah kepala negara penyuka sejenis pertama di dunia.

Dalam biografi resmi Siguroardottir disebutkan pasangan perempuannya, yaitu Jonina Leosdottir, penulis berusia 54 tahun. Pasangan ini punya dua anak yang sudah dewasa. Islandia memang mengesahkan perkawinan sejenis pada 1996 dan memberi hak yang sama dengan pasangan heteroseksual.


”Kalau pun dia lesbian, tidak jadi soal. Dalam hal ini kami sangat liberal dan ini tidak pernah menjadi sebuah isu bagi dia sebagai politisi,” kata Olafur Sigurdsson, Wakil Dubes Islandia di Washington.


Siguroardottir, anggota Parlemen Islandia sejak 1978, Selasa (27/1), ditunjuk oleh Partai Aliansi Sosial Demokratik menjadi caretaker PM menyusul jatuhnya koalisi pemerintahan negara itu, Senin (26/1). Tugasnya mengatasi tingginya angka pengangguran dan sistem perbankan yang amburadul.


Mantan pramugari ini pernah menjabat sebagai menteri sosial antara 1978-1994. Jabatan yang sama dipegangnya lagi pada 2007 hingga sekarang.


No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)