Hidup itu bisa jadi tak semudah yang kita bayangkan, tetapi sering tidak sesulit yang kita kwatirkan..

Friday, October 03, 2008

Tips Tidur Tenang

Malam hari adalah waktu yang paling tepat untuk kita membiarkan tubuh kita beristirahat/relaks, setelah sepanjang hari kita memakai tubuh kita untuk beraktivitas. Apalagi kalau aktivitas kita mengeluarkan banyak energi dan tubuh kita merasa lelah/capai. Inilah saat yang paling tepat untuk membaringkan tubuh kita, yaitu di malam hari.
Tapi ada orang-orang yang justru tidak dapat atau sulit untuk tidur. Sekalipun sepanjang hari mereka telah bekerja dan beraktivitas. Malam hari merupakan suatu hal yang tidak mengenakkan bagi mereka bahkan pada beberapa orang dapat menimbulkan stress, yaitu orang-orang yang menderita insomia.

Ada 10 cara untuk menghilangkan insomia :

1. Bangunlah pada pagi hari di waktu yang sama, tidak perduli betapa malam itu anda tidak dapat tidur.

2. Programkan mental anda dengan kebiasaan tidur yang teratur

3. Tidurlah di saat anda sudah mengantuk

4. Jagalah temperatur kamar tidur dalam kondisi dingin, yang membuat anda ingin tidur.

5. Hindarilah nonton TV, makan cemilan dan bekerja saat anda ditempat tidur
6. Hindari juga kafein, alkohol dan merokok di sore hari

7. Buatlah tubuh anda merasa relaks saat mandi, dan usahakan mandi dengan air hangat

8. Kalau anda merasa depresi dengan jam-jam tidur anda, usahakan jangan memiliki banyak pikiran tapi pikirkan hal-hal yang menyenangkan hati saja

9. Sesekali anda dapat juga mencoba berelaksasi atau message untuk melenturkan otot-otot tubuh anda yang tegang

10. Yang terakhir adalah jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan supaya anda dapat memiliki hati dan pikiran yang tenang.


No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)