Mission Started. Misi telah dimulai. Kiranya Tuhan Memberkati..

Saturday, September 27, 2008

Tips Untuk Tetap Positif Dalam Situasi Negatif

Ada waktu dimana kita harus melewati situasi-situasi negatif. Mungkin orang berkata negatif tentang kita, atau mereka menunjukan penolakan atau perlawanan terhadap kita. Dalam situasi seperti itu, mungkin sulit untuk tetap menjadi positif. Kita mungkin terbawa untuk bereaksi negatif kepada mereka. Hal seperti itu tidak ada gunanya, melakukannya hanya akan memperburuk situasi. Hari kita akan dipenuhi dengan kemarahan dan kekecewaan. Dan pada akhirnya, tidak ada seorangpun yang menang.
Meskipun tidak mudah, sangat penting untuk tetap menjadi positif di tengah situasi-situasi negatif.
Kalahkan situasi negatif dengan tetap menjadi positif. Berikut adalah 15 tips bagaimana melakukannya, pilihlah yang akan berhasil bagi Anda.

Jangan pernah berespon bila Anda sedang tidak tenang. Bila Anda tidak yakin bahwa Anda cukup tenang, jangan bereaksi. Ambillah waktu untuk menenangkan diri Anda terlebih dahulu.

Tariklah nafas dalam-dalam sebagai langkah pertama untuk menenangkan diri Anda

Berbicaralah dalam nada lembut untuk mengurangi ketegangan situasi.

Sadarilah bahwa Anda dapat menemukan kesempatan-kesempatan dalam situasi negatif. Albert Einstein berujar: “Di tengah-tengah setiap kesulitan ada kesempatan.”

Lihatlah isi dari apa yang dikatakan orang kepada Anda akan sesuatu yang positif yang dapat Anda lakukan untuk memajukan diri Anda. Jangan hanya menolak seluruh pesan mereka.
Untuk bagian selanjutnya yang negatif, cukup abaikan saja.

Pertahankan sudut pandang positif kepada orang lain. Mungkin Anda tidak menyukai pesan atau perilaku mereka, tetapi hal itu bukan berarti Anda dapat membenci mereka secara pribadi.

Sadarilah bahwa memiliki perasaan negatif hanya akan menyakiti Anda, bukan mereka. Jadi tidak ada alasan bagi Anda untuk memiliki perasaan negatif apapun.

Bila Anda membuat kesalahan, jadilah terbuka untuk mengakuinya.

Bila Anda membuat kesalahan, ingatlah apa yang dikatakan George Bernard Shaw: “Suatu hidup yang dijalani dengan melakukan kesalahan tidak saja lebih terhormat, tetapi lebih berguna daripada menghabiskan hidup dengan tidak melakukan apa-apa.”

Bila Anda dapat, dengarkanlah program audio motivasional untuk memberi makan pemikiran-pemikiran positif ke dalam pemikiran Anda.

Berbicaralah kepada seorang teman yang juga positif yang dapat menyemangati Anda.

Ingatlah akan kutipan-kutipan favorit Anda yang memberi Anda inspirasi dan motivasi. Itu sebabnya perlu memilikinya setiap hari.

Lihatlah situasi-situasi negatif sebagai sesi training Anda untuk hidup yang sesungguhnya.
Semakin tinggi Anda naik dalam hidup Anda semakin buruk situasi negatif yang ada, jadi lebih baik Anda bersiap untuk semua itu.

Sadarilah bahwa Anda tidak dapat menyenangkan siapapun. Nyatanya, tidak ada seorangpun yang dapat. Kadangkala yang harus Anda lakukan cukup membiarkan orang melakukan apa saja. Menyadari hal ini dapat melegakan Anda dari berbagai beban yang tidak perlu sehingga Anda dapat memfokuskan diri kepada mereka yang Anda dapat berinteraksi dengan positif.


No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)