Mission Started. Misi telah dimulai. Kiranya Tuhan Memberkati..

Friday, September 26, 2008

Siapakah Diri Anda?

Anda memiliki potensi yang amat istimewa. Anda tidak dapat menggunakan seluruh bakat dan kemampuan anda bila Anda memiliki 100 kali kesempatan hidup. Apapun yang Anda capai dalam hidup Anda sejauh ini hanya bayang-bayang dari apa yang sesungguhnya mungkin bagi Anda pada bulan-bulan dan tahun-tahun ke depan.
Salah satu syarat mutlak dari kesuksesan besar bagi Anda adalah “kenalilah diri Anda.” Anda harus duduk tenang dan pikirkanlah tentang diri Anda dan kualitas, karakteristik, kemampuan dan pengalaman apa saja yang telah membawa Anda menjadi seperti sekarang ini sampai saat ini. Hanya dengan cara inilah Anda dapat maju dengan keyakinan dan kejelasan yang lebih besar.
Berikut ada 10 pertanyaan yang dapat Anda tanyakan kepada diri Anda sendiri sebagai dasar untuk membawa diri Anda tetap pada jalur yang benar :
1. Apakah tiga nilai terpenting dalam hidup Anda saat ini?
2. Apakah tiga hal yang terpenting dalam hidup Anda?
3. Apakah tiga kualitas terbaik Anda sebagai seorang pribadi ?
4. Apakah tiga pencapaian pribadi Anda yang paling Anda banggakan?
5. Apakah tiga keahlian atau kemampuan terbaik yang Anda miliki?
6. Apakah yang menjadi tiga kesuksesa terbesar dalam karir Anda sejauh ini?
7. Apakah tiga pekerjaan terbaik yang pernah Anda miliki?
8. Apa saja tiga aktivitas yang paling memberikan Anda kegembiraan, kedamaian dan kepuasan?
9. Apakah tiga pelajaran terpenting yang pernah Anda pelajari dalam hidup sejauh ini?
10. Siapakah tiga (atau lebih) orang yang paling Anda kasihi?Socrates berkata, “Hidup yang tidak pernah dinilai tidak layak untukhidup.”Tidak ada seorangpun di dunia ini yang memiliki perpaduan istimewa dari pengetahuan, pendidikan, pengalaman, pemikiran, hikmat, tujuan, keinginan dan aspirasi seperti yang Anda miliki.
Dalam puisi Ulysses, ia berkata, “Saya adalah bagian dari semua yang sudah saya temui. “Anda adalah seorang indviidu komleks yang menakjubkan. Di dalam diri Anda, Anda memiliki kemampuan untuk mencapai lebih dari yang mungkin Anda impikan. Tetapi seluruh pengalaman dan hikmat itu tidak ada harganya bila Anda tidak duduk dan memikirkan apa saja yang telah Anda pelajari, dan bagaimana mempraktekkannya di masa mendatang.
Dalam suatu studi selama lebih dari setahun mengenai orang-orang sukses, para peneliti menemukan satu karakteristik yang memampukan orang-orang tertentu untuk bangkit jauh di atas rekan-rekannya hampir di setiap bidang. Hal ini adalah kualitas dari “penuh pemikiran.”Orang-orang top mengambil waktu untuk duduk dan memikirkan siapakah diri mereka, apa yang mereka inginkan, dan apakah yang saat ini sedang mereka kerjakan.
Peter Drucker menyarankan agar Anda menanyakan tiga pertanyaan berikut secara regular:
1) Apa yang saya sedang coba lakukan sekarang?
2) Bagaimana cara saya mencoba melakukannya?
3) Apa saja asumsi-asumsi saya?
4) Jika asumsi-asumsi saya salah, efek apa yang akan saya dapatkan atas keputusan saya?
5) Dapatkah ada cara yang lebih baik?
Dalam bertanya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan itu sebagai basis regular, terutama bila Anda mengalami jalan buntu, halangan-halangan atau frustrasi dalam aktivitas-aktivitas Anda saat ini, jernihkan pikiran Anda dan mampukan diri Anda untuk membuat keputusan-keputusan yang lebih baik di masa depan..Disebutkan bahwa orang pada umumnya hanya menggunakan 10% dari seluruh potensi mereka.
Jumlah yang lebih pasti adalah mendekati 2%. Hal ini adalah karena orang memasuki zona nyaman, rutinitas otomatis yang mereka ulang dari hari kehari, dan amat jarang menantang pemikiran atau sikap hidup mereka sendiri.Namun hal ini bukan bagi Anda. Tujuan akhir Anda adalah “Jadilah Seperti Apa yang Anda bisa menjadi.” Tujuan akhir Anda adalah menggunkan lebih dan lebih banyak lagi potensi Anda untuk maju.
Cara Anda melakukannya adalah dengan menolong Anda mengembangkan kejelasan mutlak mengenai siapakah diri Anda dan kemana Anda hendak pergi.


No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar.
(Pilih Profil Anonymos bila Anda tidak memiliki Blog)